Rabu, 21 September 2016


Pemeriksaan PC berdasarkan urutan yang 

telah ditentukan


Adapun langkah-langkah dalam menyelesaikan permasalahan computer beberapa prosedur , sebagai berikut :
1.                 Mengidentifikasi permasalahan masalah yang ada diidentifikasi dengan beberapa  prosedur , diantaranya , melalui POST.
2.                 Menganalisis permasalahan pesan/peringatan kesalahan yang ditunjukkan melalui POST atau pun oleh komponenlain di computer dianalisis letak atau sumber komponen yang menjadi penyebab timbulnya permasalahan.
3.                 Mengklasifikasikan permasalahan , melakukan pengelompokan permasalahan , dapat dilakukan berdasarkan hardware , software , atau permasalahan itu sendiri.
4.                 Menentukan hipotesis awal penyebab masalah dengan mengklasifikasikan suatu permasahan , maka dapat ditentukan hipotesis awal bagian yang bermasalah dan penyebab langkah-langkah yang dilakukan merupakan bagian dari semua langkah , oleh karena itu semua saling terkait menjadi 1 kesatuan  mendiagnosis permasalahan pengoperasian PC dan peripheral.Hal ini dipakai sebagai acuan untuk mencari cara yang tepat dalam mengatasi masalah dan mencegah timbulnya kembali masalah yang sama.
5.                 Mengisolasi permasalahan : masalah yang sudah diklasifikasi , difokuskan pada ruang lingkup yang lebih kecil , dan tidak terjadi kesalahan dalam menangani masalah . Misal kerusakan  terjadi pada CD ROM , tetapi penanganan dilaksanakan pada VGA card.
6.                 Selanjutnya dapat dilakukan tindakan perbaikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar