Senin, 26 September 2016


Istilah-Istilah Pada RAM


a)                     Speed
Speed atau kecepatan , menjadi factor penting dalam pemilihan sebuah modul memory . Bertambah cepatnya CPU , ditambah dengan pengembangan digunakannya dual-core , membuat RAM harus memiliki kemampuan yan lebih cepat untuk dapat melayani CPU.Ada beberapa parameter penting yang akan berpengaruh dengan kecepatan sebuah memory.

b)                  Megahertz
Penggunaan istilah ini , dimulai pada zaman kejayaan SDRAM .Kecepatan memori ,mulai dinyatakan dalam megahertz (MHz) . Dan masih tetap digunakan , bahkan sampai pada DDR2 . Perhitungan berdasarkan selang waktu (periode) yang dibutuhkan antara setiap clock cycle . Biasanya dalam orde waktu nanosecond . Seperti contoh pada memory dengan actual clock speed 133MHz , akan membutuhkan acces time 8 ns untuk 1 clock cycle.

c)                  PC rating
Pada modul DDR , sering ditemukan istilah misalnya PC3200 .Untuk modul DDR2 ,PC2-3200 .Dari mana angka ini muncul ?
Biasa dikenal dengan PC rating untuk modul DDR dan DDR2 . Sebagai contoh kali ini adalah sebuah modul DDR dengan clock speed 200MHz . Atau untuk DDR rating disebut DDR400 . Dengan bus width 64-bit , maka  data yang mampu ditransfer adalah 25.600 mengabit per second (400 MHz x 64-bit) . Dengan 1 byte = 8-bit) , maka dibulatkan menjadi 3.200 MBps (Megabyte per second) . Angka throughput inilah yang dijadikan nilai dari PC rating . Tambahan angka “2” , baik pada PC rating maupun DDR rating , hanya untuk membedakan antara DDR dan DDR2.

d)                  CAS latency
Akronim CAS berasal dari singkatan column addres strobe atau column addres select . Arti keduanya sama , yaitu lokasi spesifik dari sebuah data array pada modul DRAM . CAS latency atau juga sering disingkat dengan CL , adalah jumlah waktu yang dibutuhkan (dalam satuan clock cucle) selama delay waktu antara data request dikirimkan ke memory controller untuk proses read , sampai memori modul berhasil mengeluarkan data output . Semakin rendah spesifikasi CL yang dimiliki sebuah modul RAM , dengan clock speed yang sama , akan menghasilkan akses memori yang lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar