Minggu, 02 Oktober 2016


Cara Kerja Komputer

Pada waktu kita menghidupkan sebuah computer pertama kali maka computer tersebut akan mengalami tiga proses yang disebut dengan booting . Ketiga proses tersebut , yaitu CPU reset , Powers On Self-Test , dan disk boot.

a.      CPU reset merupakan suatu proses yang akan dilakukan oleh PC pada waktu pertama kali . Hal ini dikarenakan CPU merupakan suatu  bagian dari computer yang paling penting . CPU reset dilakukan pada saat pertama kali untuk memulai semua aktivitas PC . CPU reset biasanya dimulai dari menekan tombol power pada PC , namun bisa juga dimulai dari jaringan atau sistem yang lainnya . Ketika CPU aktif , maka Basic Input Output System (BIOS) juga akan akif . Pada BIOS terdapat program yang bernama POST (Power On Self-Test).

b.      POST , ketika CPU telah mengaktifkan BIOS maka CPU akan menjalankan program POST . Kemudian setelah POST aktif yang akan diperiksa oleh POST , yaitu integritas CPU dan integritas CPU itu sendiri . Setelah itu POST juga akan memeriksa disk drive , monitor , RAM dan keyboard . Ketika BIOS sudah aktif dan POST belum selesai dikerjakan , maka anda dapat menghentikan proses booting dan mengkonfigurasi CMOS . CMOS sendiri merupakan memori kecil untuk menyimpan BIOS beserta konfigurasi penting . Contohnya media booting , pengaturan prosessor , memori , dan lain-lain .Di CMOS juga disimpan waktu dan penanggalan untuk computer . Pada CMOS terdapat baterai khusus untuk tetap bisa menyimpan data biarpun computer dalam keadaan OFF.


c.       Disk boot , digunakan setelah aksi POST selesai karena PC telah siap menjalankan sistem operasi . Untuk menjalankan sistem operasi dibutuhkan inisialisasi awal yang akan menggabungkan semua fungsi computer . Kemudian , sistem awal ini nanti yang akan disimpan dalam media yang dapat dibaca oleh computer/PC.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar