Kamis, 21 Juli 2016


MACAM-MACAM DISTRIBUSI LINUX



1.     Ubuntu
Adalah : Salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian.Ubuntu berasal dari bahasa kuno Afrika yang berarti rasa perikemanusiaan terhadap sesama manusia.
2.     SuSe  
Adalah : Salah satu distro Linux dari perusahaan novel,atau lebih tepat dari anak perusahaannya SuSe Linux GmbH yang berarti perkembangan perangkat lunak dan system.
3.     Fedora
Adalah : Sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat.
4.     Mandriva
 Adalah : Sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva (dahulu dikenal dengan nama Mandrakesoft).Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager.
5.     Slackware
Adalah : Merupakan system operasi yang dibuat oleh Patrick Volkerding dari Slackware Linux.Tujuan utama Slackware adalah stabilitas dan kemudahan desain,serta menjadi distribusi Linux yang paling mirip Unix.
6.     Debian
 Adalah : Sistem operasi berbasis kernel Linux.Debian adalah “kernel independent”,yaitu system operasi Debian dikembangkan murni tanpa mendasarkan pada system operasi yang telah ada.
7.     CentOS
Adalah : Sistem operasi bebas yang didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux (RHEL). CentOS singkatan dari “Community ENTerprise Operating System” (Sistem operasi perusahaan buatan komunitas/masyarakat).
8.     Red Hat
Adalah : Distribusi yang paling populer,minimal di Indonesia, Red Hat merupakan distribusi pertama yang instalasi dan pengoperasiannya mudah.

9.     Kuliax
 Adalah : Sebuah distribusi Linux LiveCD yang dikembangkan oleh Kuliax Project,Distribusi ini berbasis Debian GNU/Linux dan Knoppix,serta telah dioptimasi kearah penggunaan desktop Linux.
10.   Damn Small Linux (DSL)
Adalah : Salah satu distro/varian linux mini.Disebut mini karena paket DSL Cuma 50MB besarnya. DSL juga memungkinkan untuk diinstal di USB 128MB.
11.    PCLinuxOS (PCLOS)
Adalah : Sebuah system operasi desktop,sebuah system operasi bebas untuk computer pribadi yang bertujuan untuk memudahkan penggunaan.
12.   Geentoo Linux
Adalah : Suatu distribusi Linux yang memakai paket system manajemen Portage.Manajemen paket ini dirancang untuk modular (mudah ditambah-tambah),portable (dapat di port ke distro lain), mudah ditata,fleksibel,dan dioptimalkan untuk masing-masing computer pengguna.
13.    Knoppix
Adalah : Distro Linux live-cd yang dapat dijalankan melalui CD-ROM tanpa instalasi di harddisk.Berbasis Debian Linux dan diciptakan oleh Klaus Knopper.
14.   Xandros Linux
 Adalah : Sebuah distro Linux yang berdasarkan pada system KDE.Tampilannya sangat mirip dengan Microsoft Windows,jadi apabila dioperasikan sangat mudah dan nyaman.
15.    Linux Mint

Adalah : Sistem operasi berbasis Linux untuk PC.Inti dari LinuxMint adalah Ubuntu,sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu,juga bisa berjalan pada LinuxMint.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar