Jumat, 22 Juli 2016


KELEBIHAN & KEKURANGAN CLI 


Kelebihan CLI :

1. Mudah membuat Folder dan Sub Folder
Membuat folder dengan begitu mudah jika pada antarmuka CLI ini. Cukup dengan mengetikkan format perintah mkdir pada suatu lokasi maupun bertingkat, maka Anda sudah memiliki folder.

Coba bandingkan dengan GUI, di mana harus klik New Folder, dan ini itu. Memang terpaut beberapa milidetik saja, akan tetapi, CLI masih unggul dalam urusan ini.

2. Cepat dalam Mengcopy
Bayangkan jika Anda mengcopy suatu file di dalam OS (Operating System) berbasis antarmuka GUI, dengan klik kanan copy atau bisa dengan Ctrl + C, lalu cari folder dan klik kanan paste atau bisa dengan Ctrl + V. Membutuhkan waktu yang sedikit lama kan?

Jika di dalam mode antarmuka CLI, cukup dengan mengetikkan format perintah cp Anda bisa langsung mengcopy filenya lalu diletakkan ke sumber folder tujuan.

3. Spesifikasi Hardware (Perangkat Keras) Rendah
Dalam mode antarmuka CLI ini tidak begitu terlalu banyak membutuhkan memori maupun hardware yang mumpuni. Memang, hardware yang mumpuni itu justru jauh lebih bagus. Akan tetapi, jika dalam CLI, menggunakan hardware yang rendah, tapi tidak terlalu rendah, bisa tetap berjalan dengan baik.

4. Akses Cepat
Lihat jika dalam contoh GUI pada Windows, untuk mencari Paint kita harus repot-repot klik Start dan cari pada accesories. Contoh lagi, membuka sebuah folder milik kita, harus menekan Libraries, lalu masuk ke folder yang diinginkan.

Jika dalam mode CLI, contoh saja untuk melihat isi dari suatu folder, cukup dengan mengetikkan format perintah ls. Bahkan seperti untuk menghapus suatu file, bisa dengan mengetikkan format perintah rm. Cukup cepat dan mudah bukan?


Kekurangan CLI : 

1. Resiko Kehilangan File Lebih Besar apabila "Ceroboh"
Bisa dicontohkan jika kita ingin menghapus suatu file dengan perintah rm dengan ditambahkan lokasi file atau targetnya, apabila salah mengetik rm dengan tujuan target file yang salah dengan kecerobohan kita, file tersebut bisa terhapus otomatis.

2. Tampilan yang Tidak Menarik
Coba lihatlah tampilan pada basis CLI. Begitu tidak menarik bukan? Dengan background berwarna hitam, tulisan berwarna putih, apalagi fontnya tidak berubah. Hanya itu-itu saja. Membosankan mungkin.

3. Masih Menggunakan Perintah atau Teks
CLI ini memang identik dengan mode perintah atau teks, jadi jangan heran jika di dalamnya hanya berisikan baris perintah semua dari atas layar hingga selesai. Tidak ada ikon, bahkan ikon yang kecilpun tak tampak pada mode CLI ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar